Menggunakan metode kalender ovulasi untuk mendapat kehamilan belum tentu berhasil secara 100%. Hakikatnya perhitungan ini untuk mengetahui masa subur yang meningkatkan kehamilan. Hal ini membuat berhubungan intim pada masa subur belum tentu membuahkan hasil karena perhitungannya tidak begitu akurat. Berikut beberapa penyebab kegagalan kehamilan. 

Adanya Tanda Ovulasi Yang Gagal

Hal yang membuat kegagalan dalam kehamilan adalah ada gangguan dalam ovulasi. Gangguan ini menyebabkan ketidaksuburan perempuan mencapai 30%. Kalender ovulasi gagal karena mens yang tidak teratur atau malah tidak terjadi menstruasi sama sekali. 

Hal ini ditandai  dari dua umur yang ada pada perempuan. Usia pertama adalah kelompok yang mengalami masa menstruasi yang pertama. Pada awal menstruasi kelompok wanita ini akan sering mengalami siklus ini. Siklus ini terjadi secara tidak teratur karena hormon yang berubah-ubah. Kelompok kedua adalah wanita dengan usia yang berkisar 40-50 tahun ke atas. Mereka malah memiliki resiko lonjakan hormon yang meningkat. 

Tapi harus selalu waspada. Bahkan siklus mens teraturpun masih bisa mengalami kegagalan ovulasi. Menjaga kesehatan adalah solusi terbaik. Berikut beberapa penyebab wanita produktif yang mengalami ovulasi gagal. 

  • Melakukan olahraga yang terlalu berat.
  • Memiliki berat badan yang terlalu kecil.
  • Mengalami stres yang berkelanjutan.
  • Dan memiliki berat badan yang berlebih atau bisa disebut juga obesitas. 

Cara Menghindari Atau Mengobati Kegagalan Ovulasi Dari Kalender Ovulasi

Hal yang paling utama adalah melakukan konsultasi dengan dokter agar ada saran pengobatan. Kegagalan ini sering terjadi akibat pola hidup yang kurang baik. Lebih baik mengubah kebiasaan dari pola makan yang sehat dan  melakukan olahraga yang sesuai dengan porsi. Membuat bentuk tubuh yang sesuai dengan kebutuhan. Jika terlalu besar maka harus menurunkan berat badan dan jika tubuh terlalu kecil maka harus menaikan berat badan. Bila masa ovulasi terjadi pada masalah internal maka pengobatan dokter menjadi solusi terbaik. Terakhir anda juga harus menghindari pikiran yang berlebih. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *