Atap bondek – Dalam bidang konstruksi, baja ringan menjadi material dengan fungsi yang beragam. Beberapa diantaranya digunakan sebagai sistem bekisting, langit-langit bangunan hingga sebagai aplikasi rangka atap bangunan. Dalam fungsi tersebut, setidaknya terdapat dua jenis produk baja ringan yang biasanya digunakan yaitu spandek dan bondek. Nah, dalam kesempatan kali ini kami akan membahas ulasan ringkas seputar manfaat penggunaan atap dari material bondek dalam konstruksi. Yuk, simak dan semoga bermanfaat!

Mengenal Baja Ringan Bondek dalam Konstruksi

Bondek adalah produk baja ringan yang difungsikan sebagai sistem bekisting, diaplikasikan sebagai langit-langit bangunan dan sebagai sistem penguatan. Aplikasi material bondek cukup serbaguna dan lebih kuat digunakan sebagai plat beton. Bentuknya menyerupai lembaran baja ringan dan saat ini telah diterima luas dalam industri bangunan maupun konstruksi karena menawarkan banyak keunggulan seperti efisien waktu, biaya sekaligus kecepatan konstruksi. Material bondek digunakan sebagai sistem bekisting permanen dengan struktur penyangga minimal. Atap bondek termasuk material dengan lembaran bergelombang yang mudah dipasang.

Dalam penerapannya, material ini membutuhkan tenaga yang sedikit, mampu bekerja sebagai slab hemat komposit, cocok sebagai platform kerja yang aman, awet dan tahan lama dan pastinya lebih tahan korosi karena terbuat dari campuran bahan alumunium. Lebih dari itu, bondek juga tergolong salah satu  material atapan dengan desain canggih sehingga menampilkan kesan modern pada bangunan. Bondek juga tahan terhadap api dan mampu bekerja dengan baik sebagai penguat dan penghematan pelat komposit. 

Beberapa keunggulan tersebut telah membuat bondek berhasil menjadi bahan konstruksi yang paling banyak digunakan di Indonesia maupun berbagai negara lainnya. Secara  umum, bondek untuk kebutuhan konstruksi dibuat dari baja ringan jenis galvanis. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan untuk menggunakan jenis bahan baja lainnya dengan kualitas yang hampir sama. Dalam praktiknya, secara umum atap bondek digunakan pada rumah bertingkat dan gedung sejenisnya. Sebagai gambaran sederhana, pada zaman dahulu rumah bertingkat biasanya menggunakan sejenis triplek tebal sebagai alas cor. Sebagai alternatif agar lebih kuat dan praktis, di rancanglah atap bondek sebagai pengganti papan triplek tebal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *