Investasi merupakan sebuah perencanaan yang dilakukan untuk mendapatkan keuntungan besar. Ada dua jenis investasi yakni jangka pendek dan jangka panjang. Agar lebih jelasnya, simak penjelasan berikut ini mengenai apa yang dimaksud investasi jangka panjang, tujuan dan bentuknya. 

Apa itu Investasi Jangka Panjang

Investasi dalam jangka panjang ialah jenis investasi yang menggunakan waktu lama untuk memperoleh hasil. Jadi, ketika Anda berinvestasi maka artinya Anda siap menunggu dalam jangka waktu tertentu untuk memetik hasilnya. Dana yang Anda investasikan tersebut akan diputar terlebih dahulu dan baru bisa dicairkan ketika sudah tiba waktunya. Jangka waktu investasi tersebut ditentukan oleh kedua pihak yakni investor dan pihak penerima investasi. Paling lama Anda bisa mencairkan dana setelah investasi adalah 1 tahun. 

Selain itu investasi ini juga bisa diartikan sebagai usaha penanaman modal yang dilakukan oleh seseorang maupun perusahaan terhadap perusahaan maupun personal lain. Jenis investasi jangka panjang ini bisa terdiri dari saham, obligasi, tanah, rumah dan lainnya. Anda bisa mempelajarinya jika memang tertarik dengan dunia investasi. 

Tujuan Investasi Jangka Panjang

Setiap investasi tentu memiliki tujuan, namun beda waktu investasinya maka beda pula tujuannya. Investasi untuk jangka panjang punya tujuan sebagai berikut.

  1. Investasi jangka waktu panjang bertujuan untuk mengarahkan dana khusus untuk ekspansi perusahaan maupun kepentingan sosial. 
  2. Investasi juga dapat mengendalikan suatu perusahaan maupun personal dengan kepemilikannya, jadi seorang investor memiliki andil dalam kepengurusan perusahaan tempatnya berinvestasi.
  3. Investor jangka panjang akan menjamin ketersediaan bahan baku serta pasar untuk produk yang dihasilkan oleh perusahaan tempat investasi. 
  4. Investasi ini juga dapat menurunkan persaingan antar perusahaan. 
  5. Investor akan memperoleh penghasilan pada setiap periode yakni seperti royalti, bunga, uang sewa maupun dividen. 

Bentuk Investasi Jangka Panjang

Ada berbagai bentuk investasi jangka panjang yang bisa Anda pilih yakni investasi properti, tabungan atau deposito, saham maupun obligasi. Bagi investor sebuah perusahaan maka yang tepat dilakukan adalah investasi dalam bentuk saham atau obligasi. 

admin Investasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *