Anda tentu tahu, bahwa penutup atap cukup beragam, tapi jika Anda menginginkan penutup atap bening, maka pilihannya jadi lebih terbatas, selain material kaca, bahan lainnya yang dapat Anda gunakan adalah atap polikarbonat.

Apa itu atap polycarbonate

Anda tentu bertanya-tanya, apa itu atap polikarbonat ini adalah salah satu jenis atap yang terbuat dari bahan polycarbonate. Polycarbonate sendiri adalah materi polimer yang sangat spesial dan juga unik. Bahan yang digunakan, berbeda dengan bahan polymer, lebih tepatnya thermoplastic resin polymer yang dikombinasikan dengan beberapa bahan lainnya. 

Dari hasil kombinasi tersebut, membuat material atap yang satu ini mempunyai beberapa kelebihan. Dimulai dari sifatnya yang cenderung sederhana, mudah dikerjakan, mudah dicetak, dan mudah dibentuk dalam kondisi panas, itulah sebabnya, bahan ini kerap digunakan pada industri kimia. Kelebihan lainya adalah bahan ini terasa ringan, mempunyai warna transparan seperti layaknya kaca, tahan lama, dan juga tahan terhadap berbagai macam suhu ekstrem. Dengan beberapa kelebihan tersebut, maka wajar saja, jika produk yang satu ini kerap digunakan sebagai salah satu material pengganti kaca. 

Tingkat durability dari atap Polycarbonate

Apabila dilihat dari sisi kekuatan, atap yang satu ini mempunyai tingkat durability atau kekuatan yang cukup prima. Tahan terhadap kerusakan, meskipun terkena bola yang bobotnya 4 kg, dan jatuh dari ketinggian 9,5 m, selama 3 kali berturut-turut. Dengan kemampuannya tersebut, tidak heran, jika selain dijadikan sebagai atap, bahan yang satu ini juga kerap digunakan sebagai tameng polisi, jendela pada pesawat terbang, dan juga lainya. 

Sejernih kaca

 Seperti yang selintas dijelaskan di atas, bahan yang satu ini, dapat disejajarkan dengan kaca. Yang menarik, ketika Anda menggunakan bahan yang satu ini, adalah mampu memudarkan cahaya matahari, dan kekuatannya jauh lebih baik dari bahan akrilik, tepatnya sekitar 30 kali lipat atau 200 kali lipat dibandingkan kaca. 

Bahanya ringan, namun kuat adalah keunggulan dari produk yang satu ini. Ini yang membuat bobot atap jadi terasa ringan, namun tetap kuat, menghadapi berbagai macam beban lainnya. 

Umumnya atap seperti ini, digunakan untuk halaman belakang, namun atap polikarbonat gelombang ini juga dapat digunakan di bagian ruang makan, teras depan, carport, atau juga ruangan lainnya.   

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *