Dalam memulai suatu usaha, apapun itu, termasuk usaha skincare, Anda harus mengenal marketing mix dalam dunia usaha. Marketing mix adalah suatu pendekatan untuk mengetahui target penjualan usaha skincare Anda.

Berikut akan kita ulas apa saja dan bagaimana marketing mix pada usaha skincare, yang mana tujuannya adalah untuk mencapai dan memenuhi target penjualan usaha Anda.

Kenali Produk

Skincare jenis apa yang akan Anda tawarkan ke konsumen adalah perlu Anda perhitungkan sejak awal membangun bisnis. Anda dapat melakukan survei pasar terlebih dahulu untuk menentukan jenis skincare. Perhatikan kualitas juga yang ingin Anda tawarkan kepada konsumen.

Tentukan Harga

Harga produk Anda ditentukan berdasarkan jenis produk yang akan Anda bangun. Produk-produk luxury brand tentunya memiliki harga yang mahal di pasaran. Namun ini juga tergantung bagaimana Anda menentukan target pasar Anda. Jika Anda menyasar kalangan wanita karir dan eksekutif muda, maka luxury brand bukanlah hal yang tidak mungkin untuk Anda pasarkan. Yang perlu diingat adalah tetap jaga kualitas.

Lokasi dan Tempat

Tempat di sini bisa berarti pabrik, store maupun kantor. Ketiga tempat tersebut perlu dipertimbangkan masing-masingnya. Misalnya pabrik yang dekat dengan sarana input akan lebih memudahkan tentunya. Perhatikan pula area sekitar sehingga jangan sampai orang-orang terganggu dengan usaha Anda. Untuk lokasi store, Anda perlu memperhatikan akses dan sesuaikan dengan target sasaran. Apakah area Anda di kota besar dengan akses yang padat, atau area pinggir kota yang tenang, itu tergantung dari keputusan Anda.

Cara Promosi

Promosi banyak sekali caranya. Anda bisa memulai dengan cara-cara tertentu. Memiliki sales sendiri pemasaran sendiri adalah salah satu cara yang bisa Anda lakukan. Selain itu, untuk usaha skincare, memiliki brand ambassador sebagai visualisasi produk adalah penting. Anda dapat mencari influencer untuk mengiklankan produk Anda. Cara promosi lain adalah dengan mengikuti event dan pameran produk kecantikan. Selain memiliki jejaring, Anda juga memiliki komunitas untuk berbagi pengalaman dan belajar usaha skincare. Periklanan baik melalui media elektronik maupun media cetak juga dapat menjadi sarana promosi produk skincare Anda.

Sumber Daya Manusia

Sumber daya disini adalah team Anda. Tentukan dan pilihlah orang-orang yang memiliki kualitas seperti yang Anda butuhkan. Jadikan mereka sebagai tempat untuk beradu pikir untuk kemajuan usaha Anda. Mendengarkan team Anda akan membuat mereka merasa penting dan dihargai dalam perusahaan.

Sistem Kerja

Sistem kerja di sini adalah proses yang ada dalam perusahaan. Ini terkait dengan penyusunan perizinan, regulasi perusahaan, standar operasional prosedur dan lain sebagainya yang harus dimiliki supaya semua kerja dapat dilakukan dengan optimal, efektif, dan efisien.

Pengemasan

Terakhir, pilihlah kemasan yang memunculkan personality brand Anda. Ini dapat dilakukan dengan mengenali sasaran. Misalnya, untuk sasaran dengan usia awal 20-an dan konsep feminin, warna-warna seperti soft pastel mungkin lebih menarik dan lebih disukai dalam pengemasan produk tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *