Pada dasarnya e-commerce dan e-business memiliki perbedaan dimana e-commerce digambarkan sebagai kegiatan yang memanfaatkan situs web dan internet dalam melakukan transaksi bisnis. Umumnya, kegiatan corporate e-commerce logistics ini akan melibatkan transaksi komersial antara perusahaan, organisasi dengan suatu individu. Sedangkan e-business adalah proses transaksi secara digital yang terjadi saat setiap kali transaksi, namun juga memberikan informasi serta edukasi mengenai perusahaan dengan memanfaatkan sistem kontrol dan informasi yang unggul.

Sehingga terjadinya e-business dalam sebuah pertukaran nilai dan memungkinkan menjadi e-commerce. E-business juga bisa dikatakan sebagai sebuah teknologi yang mengacu pada komunikasi dan juga informasi yang aktual,  dan dikelola atau dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan, individu dan organisasi. 

Seputar E-business

e-business berarti sebuah aktivitas yang berhubungan yang tidak langsung atau langsung dengan proses transaksi barang dan jasa yang dilakukan melalui internet. E-commerce sebenarnya bagian dari e-business. Namun e-commerce hanya fokus pada mekanisme dan aktivitas transaksi yang menggunakan digital atau elektronik. 

Sedangkan e-business merupakan salah satu komponen penunjang dalam melakukan aktivitas bisnis suatu perusahaan. Contoh perusahan yang menerapkan sistem e-business seperti Pos Logistics, PT. Pos, dan lainnya. 

Aktivitas Utama dalam Logistik

Logistik adalah salah satu faktor utama yang sangat diperlukan pada suatu perusahaan. Dengan logistik perusahaan tersebut dapat menjalankan proses bisnis mereka. Sebuah perusahaan sangat diwajibkan untuk memiliki manajemen logistik yang paling tepat demi kelancaran bisnis. Dengan adanya konsep yang baik dari manajemen logistik, maka pengeluaran untuk biaya operasional perusahaan dapat ditekan.

Corporate e-commerce logistics memiliki aktivitas utama mulai dari pelayanan pelanggan, peramalan permintaan, komunikasi logistik, manajemen persediaan, penanganan material, proses pemesanan, dan pengemasan.  Tidak hanya aktivitas itu saja, dalam logistik juga memiliki komponen dan layanan pendukung (parts and service support.

Logistik juga harus melakukan pemilihan lokasi gudang dan pabrik, melakukan pembelian dan pengadaan. Logistik juga berarti barang sisa ataupun retur. E-commerce logistik sangat membutuhkan transportasi untuk pengiriman barang atau aktivitas lain. Terakhir aktivitasnya adalah penyimpanan dan gudang.

admin E-Commerce , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *