Genteng adalah salah satu bahan bangunan yang sangat dibutuhkan untuk membentuk atap rumah atau balkon. Untuk itu wajar jika di pasaran banyak sekali ditemukan jenis-jenis genteng. Jenis genteng ini biasanya didasarkan dari bahan pembuatannya. Ada genteng yang terbuat dari keramik, ada genteng yang terbuat dari tanah liat dan beragam bahan pembuatan genteng lainnya.

Namun, apa saja sih jenis genteng terbaik dapat kamu temui di pasaran dan digemari oleh banyak orang? Penasaran? Tak usah berlama-lama lagi. Lihat saja, penjelasan mengenai macam-macam jenis genteng terbaik, berikut ini.

Genteng Kaca

Seperti namanya genteng kaca merupakan jenis genteng yang terbuat dari kaca. Genteng kaca ini biasanya digunakan agar sinar matahari dapat masuk ke dalam ruangan secara langsung. Ini membuat ruangan tidak terasa gelap dan menghemat penggunaan listrik di siang hari. Namun sayangnya genteng ini hanya memiliki beberapa bentuk yang terbatas. Sehingga genteng kaca bisa dibilang tidak memiliki variasi dalam segi bentuk.

Genteng Asbes

Salah satu jenis genteng terbaik selanjutnya adalah genteng asbes. Genteng asbes adalah jenis genteng yang terbuat dari asbes. Asbes sendiri merupakan bahan serat yang tidak mampu memantulkan cahaya matahari. Lalu kenapa genteng asbes masuk ke dalam kategori jenis genteng terbaik?

Genteng asbes masuk ke dalam kategori genteng terbaik karena banyak orang yang menggunakan genteng jenis ini. Terutama bagi mereka yang tinggal di daerah pegunungan. Hal ini dikarenakan udara di pegunungan sangat dingin. Sehingga dibutuhkan atap yang bisa menyimpan sinar matahari agar rumah menjadi lebih hangat.

Genteng Tanah Liat

Genteng tanah liat merupakan genteng yang paling populer dan digemari oleh masyarakat Indonesia. Bahkan banyak orang yang menyebut genteng ini sebagai genteng tradisional. Hal ini dikarenakan genteng tanah liat adalah jenis genteng tertua di Indonesia. Selain itu, genteng tanah liat juga masih dibuat dengan cara tradisional.

Proses pembuatan genteng tradisional ini tidaklah susah. Kamu tinggal menyediakan alat-alat dan bahan, kemudian cetak tanah liat dan bakar dalam kubangan api. Bakar sampai tanah berubah warna menjadi merah cerah.

Genteng Keramik

Genteng keramik adalah salah satu jenis genteng yang sangat populer. Seperti halnya genteng tradisional, genteng ini terbuat dari tanah liat. Perbedaan antara keduanya pun hanya terletak pada proses pembuatannya. Jika pada pembuatan genteng keramik, material tanah akan disortir terlebih dahulu. Kemudian barulah tanah liat dicetak dan di press menggunakan alat khusus yang biasanya hanya akan ditemukan di pabrik pembuatan genteng keramik.

Proses pengepresan ini dilakukan untuk memperkuat genteng serta meningkatkan kepresisian dan kerapian dari genteng keramik. Sehingga bukan hal aneh jika genteng keramik menjadi salah satu jenis genteng terbaik. Hal ini tentunya dikarenakan kriteria jenis genteng terbaik ada di dalam genteng keramik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *